Apakah Anda baru saja merencanakan sebuah usaha baru atau ingin melakukan percepatan yang signifikan untuk mengembangkan usaha yang sudah ada. Biasanya kita akan kewalahan untuk memulainya!

Mulai dari mana?

Saya akan berbagi kepada Anda langkah sederhana untuk memulai membangun brand usaha Anda. Berikut penjelasan singkat dengan infografik:

6-branding-step-untuk-creative-preneur

  1. Perjelas Visi brand

Visi yang jelas akan mempengaruhi rasa percaya diri untuk membangun brand. Memberi semangat untuk bekerja dan mengatur setiap langkah perjalanan membangun brand.

Kebanyakan klien yang bekerjasama dengan kami belum fokus menggarap visi ini diawal perintisannya. Produk menjadi pusat perhatiannya, padahal visi inilah yang membantu kita mengembangkan dan memperluas jangkauan produk brand.

  1. Tentukan Pasar

Tentukan target ideal pasar Anda baik secara personal atau organisasi. Ini akan mempengaruhi jenis produk yang akan Anda pasarkan pada mereka. Meskipun level target pasar banyak, sebaiknya diawal targetkan focus pasar.

  1. Logo

Andalah yang paling memahami apa visi dibalik brand yang Anda akan bangun. Saatnyalah Anda memiliki logo yang unik dan efektif. Logo yang akan terpakai selama mungkin dalam setiap produk yang Anda tawarkan kepada target klien.

Sebaiknya investasi terbaik Anda lakukan disini. Logo itu investasi, karena logo adalah inti dari wajah brand yang akan Anda bangun. Logo yang merangkum secara visual siapa “brand” Anda sebenarnya.

Bekerjasamalah dengan desainer professional yang akan membantu membangun brand Anda secara visual.

Kenapa Harus Me-redesain Logo Usaha Anda?

  1. Font & Warna

Gunakan font, warna dan semua format brand identitas Anda secara konsisten. Update konten blog, surat kontrak kerjasama atau presentasi gunakan warna dan tipografi secara konsisten. Seorang desainer biasanya memberikan arahan tentang penggunaan brand identity Anda. Dengan mematuhi panduan ini, Anda akan terlihat lebih professional dimata klien Anda.

  1. Konsisten Sosial Media

Setelah Anda menetapkan brand identity secara konsisten, sebaiknya ini juga konsisten diterapkan dalam media social yang Anda kelola. Meskipun bukan Anda yang mengelola akun-akun media social tersebut, atau mungkin dengan nama yang bervariasi (Sebaiknya hal ini dihindari, tetap jaga konsistensi nama akun) gunakanlah secara konsisten visual identity Anda. Gunakan secara konsisten warna, avatar, icon dan banner disetiap akun social media Anda agar setiap pengunjung yakin mereka berkunjung diakun yang tepat.

  1. Website

Memang website menjadi primadona marketing saat ini. Kebanyakan usaha ingin langsung membuat website, melewatkan langkah-langkah sebelumnya. Sebaiknya lewati langkah-langkah diatas terlebih dulu, karena konten website akan dipengaruhi oleh Visi, logo dan brand identity (identitas) usaha Anda.

Website, menempatkan kita sebagai pelaku usaha yang professional. Masyarakat lebih suka browsing (mencari) diinternet terlebih dulu saat ingin membeli produk tertentu. Penggunaan element yang tepat, desain yang efektif dan juga konsistensi penerapan identitas dalam website akan mempengaruhi kepuasan layanan Anda secara online. Sebaiknya juga Anda berinvestasi sebaik mungkin membangun kantor layanan online Anda, bekerjasamalah dengan web designer untuk membangun brand Anda secara online.

Ada banyak langkah yang dapat Anda tempuh untuk membangun brand Anda. Namun, secara umum dan sederhana keenam langkah tersebut sudah Anda dapat jadikan pegangan untuk memulai membangun brand Anda secara alami.

Get in touch, kami mengajak untuk berkerjasama membangun visual branding Anda.